Senin, 11 Agustus 2014

Rubrik Tanya Jawab


 (Asuhan : Iwan Ridwan, S.Ag)

1.        Hamba Allah
Bapak, saya mau bertanya, saya kan berhijab tapi waktu mau potong rambut ke salon kerudungnya dibuka, lalu yang potong rambutnya itu kebanyakan laki-laki dan bagaimana hukumnya ? dan apa solusinya untuk wanita muslim ketika mau dipotong rambut ?

Secara hukum menutup aurat itu adalah kewajiban wanita muslimah. Baik di sekolah maupun diluar sekolah, dan ketika kamu mau potong rambut di salon, sebaiknya kamu cari salon khusus wanita agar terhindar dari fitnah.

2.        M. Ridho Abdillah M Kelas 9.8
Bapak, apa hukumnya daging hewan yang diharamkan dijadikan obat untuk menyembuhkan penyakit ?


Pada dasarnya hukum yang telah ditetapkan tidak boleh berubah, kecuali ada alasan yang sangat urgen dan lebih mendesak menjadi dibolehkan karena darurat. Sesuai dengan kaidah hukum fiqih, “Adh-dhoruurotu Tubiihul Mahduuroot” artinya : Kemudharatan itu bisa membolehkan larangan-larangan.

3.        Aqmarina Isni Nurfaiza Kelas 8.4
Apabila kita sudah tahu, bahwa berbohong itu dosa, terus kita melihat siswa yang selalu berbohong, meski dinasihati, siswa itu tetap berbohong. Bagaimana sikap kita untuk menyadarkannya supaya siswa itu tetap dijalan yang benar ?

Berbohong itu termasuk ciri-ciri orang yang munafik, Nabi saw bersabda : Ciri-ciri orang yang munafik adalah apabila berkata ia selalu berbohong… (al-Hadits). Sikap kita untuk menyadarkan
teman kita adalah kewajiban kita untuk selalu mengingatkan bahwa berbohong itu dosa, meskipun ketika mereka diingatkan masih suka berbohong maka kita doakan agar mereka menyadarinya.

4.        Neng Tsaltsa R.A Kelas 8
Bagaimana caranya agar diri kita selalu menjauhi perilaku yang dilarang oleh agama. Sedangkan zaman sekarang sudah rapuh. Dan cara menyikapi teman yang egois padahal dia itu salah ?

Diantara cara kita untuk menghindari perilaku yang dilarang oleh agama adalah :
a.       Perkuat keimanan kita dengan membaca al-Qur’an
b.      Dekati orang-orang yang selalu mingingatkan kita untuk selalu menjauhi perbuatan dosa/jahat.
c.       Selalu meminta nasihat kepada orang-orang yang dipandang baik dan dewasa.
d.      Teman yang egois jangan dihadapi dengan egois lagi tetapi berlemah lembutlah kepada mereka.

5.        M. Ridho Abdillah M Kelas 9.8
Apakah kita berdosa, ketika melihat wanita yang berpenampilan seksi seperti para artis di dunia yang suka berpenampilan seksi ?

Ketika Allah dan Rasul-Nya menyuruh kaum wanita menutup aurat, tujuannya agar orang lain yang bukan muhrimnya tidak boleh melihat aurat mereka. tetapi saat ini juga sebagian kaum wanita berpenampilan seksi (baca : Berpakaian tetapi telanjang). Maka sebaiknya kita menghindari untuk tidak melihat wanita yang seksi karena hukumnya berdosa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar